Minggu, 08 Desember 2013

BPK.ISMAIL MARZUKI [SANG PEJUANG SENI DARI INDONESIA]


Bpk. ISMAIL MARZUKI
 [Sang Pejuang Seni dari Indonesia]


Assalamu’alaikum Wr. Wb….

Salam kenal EGIZENTROOM PRODUCTIONS ucapkan bagi Anda Para Sahabat yang baru kenal dan singgah di Rumah Seni Kami.

Salam Sejahtera tak lupa EGIZENTROOM PRODUCTIONS ucapkan untuk Anda para Sahabat yang sudah lama mengenal Kami, semoga tali silaturahmi ini kian terikat kuat seiring dengan berjalannya waktu…Amien…

Kali ini EGIZENTROOM PRODUCTIONS akan membahas tentang Sosok SENIMAN LEGENDARIS SEPANJANG MASA DARI INDONESIA.

Beliau adalah Sosok SENIMAN TULEN sekaligus PEJUANG PERKASA yang gagah berani berjuang mengobarkan Semangat PERJUANGAN para LASKAR MERAH PUTIH dan RAKYAT INDONESIA yang berani MATI demi TANAH AIR INDONESIA melalui KARYA-KARYA SENI yang dicipta olehnya.

Siapakah Beliau ini…???

Mari kita simak bersama… Bpk. ISMAIL MARZUKI

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]
 
*Bpk. ISMAIL MARZUKI*
Bpk. Ismail Marzuki adalah Nama Lengkapnya.

Ismail…, itulah nama panggilan akrab yang biasa dipakai oleh Keluarga, Teman-teman dan Orang-orang yang dekat dengan beliau ketika bertegur sapa atau ngobrol bersama. 

Beliau lahir di INDONESIA, tepatnya di Daerah Kwitang, Senen, Jakarta  pada tanggal 11 Mei 1914.

Terlahir sebagai Individu berdarah asli BETAWI dan besar dilingkungan Keluarga Sederhana beragama ISLAM yang taat dalam menjalankan Kewajibannya. 

Pekerjaan yang digeluti olehnya adalah sebagai Seorang SENIMAN / MUSISI / KOMPONIS.

Pekerjaannya sebagai SENIMAN / MUSISI / KOMPONIS adalah pilihan hidup yang dijalani oleh Beliau karena didasarkan pada bakat SENI yang terus tumbuh mengalir deras didalam darahnya yang begitu kuat melesak masuk ke setiap Sudut-sudut tersembunyi didalam tubuhnya dari kecil hingga Kedewasaan menyertai perjalanan hidup Sang Bocah Seniman yang kian Matang dalam segala hal .

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

 
*PERJALANAN KARIER DAN PERJUANGAN*
Dalam kesehariannya, Pria berpenampilan rapi dan sederhana ini dikenal oleh banyak Kalangan sebagai sosok yang memiliki TALENTA SENI yang luar biasa mengagumkan.
Beliau dikenal Jenius dalam membuat KARYA LAGU baik dari mulai kecepatan dan ketanggapannya dalam mencari tema lagu hingga kemudian mengemasnya dalam sebuah komposisi lagu yang spektakuler, enak untuk didengar, dinikmati dan dikhayati.

Dimasanya, Bapak Ismail adalah sosok Musisi yang KREATIF dan DINAMIS.

Beliau tidak mau terikat hanya dengan satu aliran musik saja  

Bukti kongkrit dari semua itu adalah banyaknya proses penciptaan KARYA LAGU yang dibuat oleh Bpk. ISMAIL MARZUKI  tersaji dalam komposisi lagu yang beragam dalam hal Aliran Musik ( GENRE ).

Karya – karyanya tersebut sudah bisa dipastikan sangat mewarnai berbagai aspek kehidupan Rakyat Indonesia pada saat itu.

Terbukti dari banyaknya lagu yang bertemakan NASIONALISME dan PERJUANGAN.

Kenapa demikian…,

Karena pada saat itu kita dan Dunia tahu bahwa Negara INDONESIA belum terlepas dari Kaum Penjajah Belanda dan Jepang…

Dan sudah bisa dipastikan membutuhkan Perjuangan Keras tentunya jika karya lagu perjuangan tersebut bisa diperdengarkan kepada seluruh Rakyat Indonesia…mengingat RESIKO nya pun sudah jelas…., berhadapan dengan Senapan Sang Tamu Asing…, dan kemungkinan terburuk yang terjadi adalah…MATI

Namun ternyata hal tersebut bukanlah hal yang menakutkan bagi “Sang Pejuang SENI”. Beliau terus melanjutkan Perjuangannya untuk Mengobarkan Semangat Juang Rakyat INDONESIA melalui karya-karyanya yang abadi hingga detik ini.

Salut untuk “SANG PEJUANG SENI INDONESIA” Bpk ISMAIL MARZUKI…

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*Bpk.ISMAIL MARZUKI ADALAH SOSOK MUSISI KREATIF DAN BERKARAKTER*

Selain kreatif, jenius, dan dinamis…., ternyata karya-karya Abadi yang dihasilkan oleh nya pun berkarakter serta memiliki ciri yang khas.

Beliau mampu menggabungkan dua tema yang berbeda, seperti tema tentang PERJUANGAN dipadukan dengan ROMANTIKA PERCINTAAN sehingga mampu menghasilkan tema lagu yang baru tanpa menghilangkan dua unsur tema yang digabungkan…

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*KARYA LEGENDARIS Bpk. ISMAIL MARZUKI*

Sepanjang masa hidupnya, beliau telah menghasilkan banyak karya lagu yang cantik dan abadi.

Lebih dari 250 buah karya telah berhasil beliau ciptakan, dan kesemuanya begitu banyak memberikan kontribusi dalam mewarnai berbagai kehidupan Rakyat INDONESIA pada saat itu.

Lagu-lagunya yang terkenal hingga saat ini diantaranya sebagai berikut :
  • Juwita Malam
  • Gugur Bunga
  • Bandung Selatan di Waktu Malam (1948 / genre Keroncong)
  • Indonesia Pusaka
  • Rayuan Pulau Kelapa
  • Aryati
  • Sepasang Mata Bola (1946)
  • Rindu Lukisan
  • Melati di Tapal Batas (1947)
  • Wanita
  • Karangan Bunga dari Selatan
  • Sabda Alam
  • Kasim Baba
  • O Sarinah
  • Keroncong Serenata
  • Kasim Baba
  • Bandaneira
  • Halo-halo Bandung
  • Sampul Surat
  • Lenggang Bandung
  • Roselani
  • Selamat Datang Pahlawan Muda (1949)
  • Dll.

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*LAGU YANG PERTAMA KALI DICIPTAKAN*
Dari 250 lebih lagu yang di ciptakan, lagu berjudul “O SARINAH“ adalah karya lagu yang paling awal Beliau ciptakan. Tahun 1931 adalah tahun dimana Lagu tersebut tercipta.

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*LAGU YANG DI GUNAKAN OLEH STASIUN TVRI [STASIUN TELEVISI PERTAMA DI INDONESIA]*

Kontribusi karya Bpk Ismail Marzuki ternyata tidak hanya mewarnai keseharian Rakyat Indonesia yang akrab dengan Radio. Ternyata setelah INDONESIA merdeka, tepatnya dimasa ORDE BARU, Stasiun TV pertama milik Pemerintah yang bernama TVRI [TeleVisi Republik Indonesia] menggunakan Karya lagu Beliau yang berjudul “Rayuan Pulau Kelapa“ sebagai Lagu Penutup sebagai tanda berkahirnya Program Acara TV.

Tahun 1944 adalah tahun dimana lagu berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” tercipta.

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*BPK.ISMAIL MARZUKI SANG PEJUANG SENI SEJATI*

Waktu, tenaga, Pengabdian, Kesetiaan, Loyalitas yang tinggi terhadap Bangsa Indonesia bukanlah sebuah isapan jempol belaka.

Tanpa mempedulikan Marabahaya, serta Resiko yang membahayakan hidupnya kala itu, dalam semangat NASIONALME yang berkobar-kobar…Beliau tetap dengan gigih, sepenuh hati untuk berjuang membela tanah air INDONESIA melalui karya-karyanya.

Dan…

Atas dasar itu pula, maka pada tahun 1968 Bpk. Ismail Marzuki mendapatkan Anugerah Kehormatan dari INDONESIA.

Penghargaan kehormatan tersebut diwujudkan Pemerintah dengan membuka Sebuah tempat bersejarah yang diberi nama TAMAN ISMAIL MARZUKI [berada di kawasan SALEMBA, JAKARTA, INDONESIA].

Tempat ini berfungsi sebagai PUSAT KESENIAN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA.  

Tidak hanya itu saja…

Pada tahun 2004, Bpk. Ismail Marzuki kembali mendapatkan Penghargaan dari NEGARA INDONESIA berupa gelar PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA atas dasar JASA-JASA BELIAU…atas dasar PERJUANGAN  dalam MEMBELA BANGSA dan NEGARA.

Ya…, sebuah Penghargaan yang memang sangat pantas untuk disematkan pada sosok BERJIWA BAJA dan PERKASA bernama ISMAIL MARZUKI.

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


*Bpk. ISMAIL MARZUKI  [ 11 Mei 1914 – 25 Mei 1958 ]*
Tanggal 25 Mei 1958 adalah momen yang sangat menyedihkan bagi seluruh Rakyat INDONESIA karena telah kehilangan Sosok PEJUANG PERKASA yang begitu berjasa bagi INDONESIA.

Bpk ISMAIL MARZUKI telah berpulang ke RAHMATULLAH. Beliau wafat di usianya yang ke-44 karena sakit yang dideritanya.


[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


EGIZENTROOM PRODUCTIONS SAYS :
“ SELAMAT JALAN BAPAK ISMAIL MARZUKI…SANG PEJUANG SENI INDONESIA…”

“ PERJUANGAN BAPAK TAK BERHENTI…., KARENA ADA KAMI [Rakyat INDONESIA dari Tua hingga Muda…dari SABANG hingga MERAUKE] YANG AKAN TERUS MELANJUTKANNYA…, DENGAN JALAN YANG POSITIF…BER ETIKA [ SOPAN DAN SANTUN ]…”

“YA…, KARENA KAMI TAHU…KAMI LAHIR DI INDONESIA…KAMI [Rakyat INDONESIA dari Tua hingga Muda…dari SABANG hingga MERAUKE] DIBESARKAN DENGAN KASIH SAYANG…DALAM KORIDOR BUDAYA YANG AGAMIS, BIJAK, CERDAS, DAN BERADAB [KHAS INDONESIA].”

“YA…, ATAS DASAR ITU KAMI [Rakyat INDONESIA dari Tua hingga Muda…dari SABANG hingga MERAUKE] AKAN BERJUANG UNTUK TETAP SELALU BERKARYA DAN BERPRESTASI DI JALUR YANG BENAR… SEPERTI YANG TELAH BAPAK DAN PARA PAHLAWAN LAKUKAN DAN BERIKAN UNTUK INDONESIA…”


“MAJU TERUS INDONESIA…!!!”

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar