Sabtu, 27 Juli 2013

The Tielman Brothers " Band Rock Indonesia Pertama dan Tertua di Planet Bumi "

 THE TIELMAN BROTHERS :
BAND ROCK LEGENDARIS INDONESIA PERTAMA DAN TERTUA DI PLANET BUMI


ASSALAMUALAIKUM WR. WB…

Salam damai dan persatuan EGIZENTROOM PRODUCTIONS ucapkan untuk Sobat-sobat pecinta, penikmat serta Pelaku Seni dimanapun Anda berada, semoga Allah SWT selalu memberikan Rahmat dan Anugerahnya pada Kita semua, Amien…Amien Yaa Robbal al amien..

Bicara tentang Musik beraliran ROCK memang tidak ada habisnya untuk dibahas, karena ruang lingkupnya yang sangat luas dan sudah sangat kuat mengakar di hati para Pecintanya sejak puluhan tahun yang lalu.

Yupz…that’s totally true…musik ROCK bisa berkibar dengan gagahnya karena ada Musisi-musisi kreatif, keren setia dan loyal  dalam menjaga eksistensi musik ROCK di Blantika Musik dunia.

Musisi-musisi kawakan seperti THE ROLLING STONES, JIMI HENDRIX, THE BEATLES, dan masih banyak lagi yang lainnya adalah beberapa contoh Musisi ROCK dari luar Negeri yang berhasil membius banyak telinga dari Mahluk TUHAN bernama Manusia untuk meneguhkan pendiriannya sebagai Pengagum setia Mereka yang berdiri kokoh atas nama musik ROCK…

Mereka sangat eksis di genre musik ROCK terutama di tahun 1960, 1970 hingga tahun 1980-an. Bahkan keberadaanya pun di ultimatum sebagai Musisi terkeren sepanjang masa karena kualitas dalam bermusiknya yang mumpuni…

Namun tahukah Anda, jauh sebelum Mereka eksis dan dinobatkan sebagai Musisi terkeren karena permainan musik yang berkualitas, atraktif , dan unik ,….sekali lagi jauh sebelum Mereka Eksis di tahun 60’an…believe it or not ternyata di dekade 1940an sudah ada lho Musisi jenius yang  berani tampil beda dengan warna musik yang Progresive dan dinamis serta punya performance yang Super Exteme, Super Atraktif dalam dalam berkarya baik di Panggung maupun saat pembuatan Album ?

And guess what…dari mana mereka berasal ???

Secara fakta Musisi keren dan jenius ini berasal dari INDONESIA…yaa INDONESIA TERCINTA…satu lagi fakta terkuak…karena Mereka adalah Musisi BAND beraliran ROCK sekaligus PERTAMA dan TERTUA DI DUNIA….YAA…DI DUNIA…???   MANTABZZ kan….??!!

Jadi makin Cinta dan sayang ma INDONESIA…hmmm…siapakah Beliau-beliau ini ? Let’s check it out ajah ok… ( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

*SEJARAH :
·        THE TIELMAN BROTHERS (NAMA BAND SAAT MENDUNIA) :
THE TIELMAN BROTHERS adalah nama dari Band ROCK asal INDONESIA yang sudah mendunia ini. Terdiri dari 4 orang bersaudara berdarah Kupang ( ada juga yang mengatakan Mereka berasal dari Maluku ) dan Semarang. Yupz …sebuah kota di Indonesia yang cantik dan Eksotis dalam segala hal.
 Mereka beranggotakan
  • Om Andy Tielman – Gitar & Vocal
  • Om Reggy Tielman – Banjo, Gitar, & Vocal
  • Om Ponthon Tielman – Double Bass, Gitar, & Vocal
  • Om Loulou ( Herman Lawrence ) Tielman – Drums, & Vocal
Genre Musik THE TIELMAN BROTHERS adalah ROCK & ROLL dengan Sub Genre INDO ROCK…yaa…nama INDO ROCK disematkan Masyarakat Internasional pada TIELMAN BROTHERS karena permainan gitarnya yang khas INDONESIA banget… HIDUP INDO ROCK…!!! (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

·        THE TIMOR RHYTM BROTHERS :
Ditahun 1945, nama awal dari band ini bukanlah THE TIELMAN BROTHERS, akan tetapi bernama THE TIMOR RHYTM BROTHERS.
Berikut adalah para Personil pada saat masih bernama  THE TIMOR RHYTM BROTHERS:
  • Om Andy Tielman – Gitar & Vocal
  • Om Reggy Tielman – Banjo, Gitar, & Vocal
  • Om Ponthon Tielman – Double Bass, Gitar, & Vocal
  • Tante Janet Tielman / Janette Laoraine – Vocal
  • Om Loulou ( Herman Lawrence ) Tielman – Drums, & Vocal
Kelima personil band tersebut kesemuanya merupakan anak dari Bapak Herman Tielman ( bertindak sebagai Manajer ) dan Ibu Flora Lorine Hess (bertindak sebagai Presentation).

Kalo dibilang Harmonis…yupz bener banget…ni keluarga perjalanan musiknya keitung mulus…lus…lus…hehe…semua karena satu sama lainnya saling dukung alias seiring sejalan…keren banget yaa…?!

Satu hal yang pasti, Guru musik dari ke – 5 saudara ini ga laen dan ga bukan adalah Bpk.Herman Tielman alias Ayahnya sendiri. ( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

 ·        AWAL KARIER :
Perjalanan karier bermusik dari 5 bersaudara ini dimulai dari tahun 1945 pada saat berada di Surabaya. Saat itu mereka sering diminta untuk membawakan lagu-lagu daerah dan Tarian Tradisional. ( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

·        MULAI MENDAPATKAN RESPONS MASYARAKAT INDONESIA :
Seiring dengan berjalannya waktu keahlian bermusik mereka semakin terasa matang, dan semua itu terjawab pada saat THE TIMOR RHYTM BROTHERS diminta untuk manggung di sebuah acara pesta yang diadakan oleh teman Ayahnya.

Pada saat itu aksi panggung THE TIMOR RHYTM BOTHERS berhasil menggebrak dan mengejutkan para tamu-tamu pesta termasuk teman Ayahnya.

Kelima bersaudara tesebut berhasil memainkan lagu yang boleh dibilang sulit untuk dimainkan ( lagunya berjudul Tiger Rag and 12th street Rag ) dan sukses serta mendapatkan respon positif dari banyak orang.

Efek positif dari semua itu adalah banyaknya tawaran dari berbagai macam pihak untuk manggung, dan dari sinilah akhirnya THE TIMOR RHYTM BROTHERS mulai menjalani kegiatan musik berupa TOUR ke berbagai daerah di Indonesia.

Dan tidak hanya itu saja, karena performance panggung yang unik dan prestasi yang mulai menggudang, akhirnya pada tanggal 29 desember 1949 THE TIMOR RHYTM BROTHERS diundang oleh Presiden Soekarno untuk manggung di Istana Negara REPUBLIK INDONESIA. Sebuah prestasi yang mengagumkan tentunya. (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

·        GO INTERNATIONAL
Perkembangan skill dalam bermusik dan prestasi dari THE TIMOR RHYTM BROTHERS semakin terlihat saja. Respon positif dari Masyarakat Indonesia pun terus terlontar tulus.

Sang Ayah pun melihat potensi dahsyat dari anak-anaknya. Maka atas dasar itu pula Bapak Herman Tielman ( Ayah sekaligus Manajer dari THE TIMOR RHYTM BROTHERS ) memutuskan untuk hijrah ke Netherland.

Semua itu dilakukan agar karier bermusik dari anak-anaknya bisa lebih berkembang dan lebih maju lagi.

Akhirnya ditahun 1957, THE TIMOR RHYTM BROTHERS beserta keluarganya hijrah ke Netherland untuk mewujudkan cita-citanya. (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)
 
·         LUAR NEGERI
Proses adaptasi dan kegiatan peng-Eksisan diri dari sosok Band INDONESIA bernama THE TIMOR RHYTM BROTHERS pun mulai gencar dilakukan.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah dengan mendatangi sebuah toko musik bernama SPRONK yang berlokasi di Breda ( Breda adalah sebuah kawasan hunian tempat keluarga dan THE TIMOR RHYTM BROTHERS menetap ). Tujuannya adalah untuk membeli peralatan musik guna menunjang karier bermusik mereka tentunya. (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

·         PERGANTIAN NAMA
Kegiatan pengibaran bendera band pun segera dilakukan, dengan  cara manggung. Kegiatan manggung pertama kali dilakukan di Hotel “ De Schuur “ Catharinalaan, Breda dan sukses.

Selang beberapa waktu kemudian, masih di tahun yang sama yaitu tahun 1957 ke – 4 bersaudara akhirnya memutuskan untuk mengganti nama band yang semula bernama THE TIMOR RHYTM BROTHERS menjadi THE FOUR TIELMAN BROTHERS dengan komposisi Personil sebagai berikut :
-          Om Andy Tielman ( LEAD GUITAR & VOCAL )
-          Om Reggy Tielman ( 2nd GUITAR & VOCAL )
-          Om Ponthon Tielman ( DOUBLE BASS & VOCAL )
-          Om Loulou Tielman ( DRUMS & VOCAL )

( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

·         PERJALANAN KARIER
Tidak jauh seperti di Negara INDONESIA tempat kelahiran “ THE 4‘T BROTHERS “, prestasi mereka pun kian dahsyat dan pesat melaju.

Tidak hanya Belanda saja yang berhasil dibuat tertegun dengan pola permainan musik yang punya High Quality Skill  dari THE FOUR TIELMAN BROTHERS, akan tetapi Negara lain di dataran Eropa pun dibuat terkagum-kagum.

Kegiatan bermusik THE 4’T BROTHERS di Negara Eropa pun tidak ada yang tidak berhasil. Semuanya pasti berjalan dengan sukses besar. Intinya tidak ada yang tidak kenal dengan THE FOUR TIELMAN BROTHERS ( THE 4’T BROTHERS ) di tahun 1958.

Kehebatan bermusik mereka semakin tersebar dengan cepat saat Media Televisi German mengundang THE 4’T BROTHERS untuk Performing show di program Acara Mereka bernama Movie Paprika di tahun 1958.

Guess what ??? setelah mereka manggung di TV, tawaran dari berbagai pihak pun semakin semakin deras berdatangan.

Semuanya tertarik dengan lagu dan aksi panggung yang super keren dan tidak ada satu pun band lain yang bermusik seperti  THE FOUR TIELMAN BROTHERS.

Bahkan di tahun 1959, tepatnya pada tanggal 27 Januari, aksi panggung Mereka di filmkan oleh Hesssischer Rundfunk dan ditayangkan secara live oleh TV German dan di siarkan kembali kesegala penjuru.

Walhasil, akhirnya THE FOUR TIELMAN BROTHERS pun semakin eksis di dataran Eropa. Tour Panggung demi tour panggung dilakoni, TV demi TV pun dinikmati… (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

·    THE FOUR TIELMAN BROTHERS BERUBAH NAMA MENJADI THE TIELMAN BROTHERS
Pada tanggal 23 Januari 1960, Ke – 4 bersaudara ini mengumumkan perubahan nama band mereka pada saat Mereka diundang oleh TV AVRO Belanda.

THE FOUR TIELMAN BROTHERS pun berubah menjadi THE TIELMAN BROTHERS.

Sejak saat itu pula akhirnya Masyarakat Internasional lebih mengenal Beliau-beliau ini dengan nama THE TIELMAN BROTHERS. ( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

·        TRAGEDI
Di tahun 1963, terjadi perstiwa yang tidak diinginkan. Om Andy Tielman dan Om Reggy Tielman mengalami kecelakaan mobil. Om reggy pulih dalam jangka waktu 2 minggu, akan tetapi Om Andy ternyata yang paling parah mengalami kecelakaan. Beliau koma selama 4 hari, tangannya patah 8 bagian dan harus disambung untuk memfungsikan tangannya kembali..dan syukur Om Andy pun pulih walaupun memakan waktu berbulan-bulan.     ( EGIZENTROOM PRODUCTIONS )

·        AKTIVITAS BERMUSIK TERUS BERJALAN
Aktivitas bermusik THE TIELMAN BROTHERS pun terus berjalan, dan prestasi mereka pun mulai hinggap di dataran Amerika. Hasilnya adalah sama……mereka terkagum-kagum juga…di tahun 1964 Capital Records ngasih Statment, “ We don’t have Indonesian anymore….but We still have The Tielman Brothers “
( Yaa..kalo di translate mah artinya gini… Cuy…Kpriben kih…ana Band Indonesia maning beli kih…di Studio urang ngan aya THE TIELMAN BROTHERS hungkul yeuh…”  nah begitulah artinya…hahaha… ato kalo mo pake arti yang benerannya … “ Kita dah ga punya Band Indonesia lagitapi Kita masih punya THE TIELMAN BROTHERS “ )

yupz…pujian terus mengalir…dan hal itu selalu dijawab THE TIELMAN BROTHERS dengan prestasiprestasi dan prestasi yang tentunya memuaskan dan menyenangkan para Pecinta dan Penikmat Musik disana melalui karya-karyanya.  (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

·         WAKTU YANG BERKATA
Tahun 196519661967…hingga tahun 1970an adalah lanjutan waktu dari tahun-tahun sebelumnya dimana THE TIELMAN BROTHERS tetap kuat akan prestasinya, baik didunia panggung berskala dunia maupun album-album yang menghasilkan single-single berkualitas super keren yang selalu merajai TOP CHART MUSIK baik di Eropa maupun Amerika.

Namun demikian, entah karena faktor kecelakaan yang menyebabkan patahnya tangan dari Sang Lead Guitar, atau mungkin karena faktor usia, atau mungkin pula karena perkembangan musik dari waktu ke waktu, perkembangan musik dari THE TIELMAN BROTHERS mulai berjalan melambat. Di tahun 1979 pola permainan musik dari THE TIELMAN BROTHERS semakin tidak terlihat. Tidak ada lagi ciri khas yang biasa dimainkan oleh THE TIELMAN BROTHERS di dekade 1945 hingga 1965an akhir.

Perlahan namun pasti…seiring dengan berjalannya waktu…Eksistensi THE TIELMAN BROTHERS pun mulai tergantikan oleh Musisi lain yang mulai bermunculan dengan musik yang bermacam-macam genrenya.

Yupz…thats true…dan semua itu terjadi tidak hanya pada THE TIELMAN BROTHERS saja…akan tetapi pada siapapun yang menjalankan kehidupan di dunia yang fana ini…

BUT STILL…SECARA FAKTA THE TIELMAN BROTHERS ADALAH BAND ROCK LEGENDARIS YANG PERTAMA & TERTUA DI BUMI…DAN TAK AKAN TERGANTIKAN OLEH SIAPA PUN… *** (EGIZENTROOM PRODUCTIONS)

*EGIZENTROOM PRODUCTIONS SAYS :
Bukti nyata dan kongkrit bahwa THE TIELMAN BROTHERS Band ROCK yang super keren dari yang terkeren…Super legend dari yang terlegend…Best of the best…adalah :

-    Selain permainan gitarnya yang super keren, Om Andy Tielman adalah Sosok Musisi yang terkenal akan kemahirannya dalam memainkan alat Musik bernama “ VOX ORGAN GUITAR ” dan itu sudah Beliau mainkan di panggung pada tahu 1966. Alat Musik ini sangat sulit untuk dimainkan oleh siapapun. Maka mungkin atas dasar tingkat kesulitannya, alat musik ini akhirnya menghilang dari pasaran.

Kegunaan dari alat musik ini adalah dapat mereprodusir suara organ dan suara gitar sehingga menghasilkan jenis suara baru dan unik dari gabungan keduanya. And you know what ?!...Om Andy Tielmanlah pakarnya…Beliau adalah Sang INOVATOR ulung untuk guitar sound…Keren banget kan??

-     Om Andy Tielman adalah Real Innovator gitar dengan strings berjumlah 10 buah dimana 6 strings gitar yang sudah ada di gitar ditambah dengan 4 buah banjo Strings, sehingga tercipta suara yang lebih keren, lebih lebar dan unik. Alat musik ini tercipta pada saat Beliau sudah pulih dari kecelakan mobil. Oh yaa…termasuk gitar 12 strings adalah inovasi Beliau juga.

-      Lahirnya genre musik bernama “ INDO ROCK “ adalah karena permainan musik dari THE TIELMAN BROTHERS pada saat Beliau memainkan karya Single Instrumentalnya yang berjudul “ Black Eyes “

-  THE TIELMAN BROTHERS adalah Seniman sejati, karena berkomitmen kuat untuk menjadikan musik sebagai profesinya…dan itu ditekuni dengan sungguh-sungguh dari mulai terlahir di bumi Indonesia hingga Ajal menjemput….and that’s Rock man…!!!

-        THE TIELMAN BROTHERS adalah Band ROCK asal Indonesia yang dikagumi Masyarakat Internasional karena Pola permainan Musiknya yang sangat UNIK, sangat ATRAKTIF, sangat AGRESIF, sangat DINAMIS, sangat POWERFULL CHARACTERS…sangat KHAS baik di MUSIK maupun VOKAL…dan itu cuman THE TIELMAN BROTHERS yang punya…

Berikut adalah KEUNIKAN yang membuat THE TIELMAN BROTHERS dikenal dan dikagumi banyak kalangan Masyarakat Bumi termasuk Musisi ditahun 1945 hingga detik ini adalah :
  • Bermain gitar dengan menggunakan gigi
  • Bermain gitar sambil menempatkan gitarnya diatas juga dibelakang kepalanya sendiri
  • Om Loulou Tielman (DRUMMER) memainkan gitar yang dipegang oleh Om Andy Tielman (LEAD GUITAR) dengan menggunakan Stik Drum
  • Menggunakan teknik Slide dengan menggunakan kaki…bukan jari tangan yang biasa dilakukan musisi kebanyakan…pada saat bermain gitar
  • Atraksi Bass Betot yang super dinamis , ga kaku, Atraktif
  • Atraksi mempertemukan gitar 1 dengan gitar 2 dengan cara men “TOSS” satu dengan yang lainnya disaat yang bersamaan
  • Ataksi keren dimana Sang Gitaris berdiri diatas double bass, and believe or not…Beliau berdua baik Sang Bassis maupun sang Gitaris tetap bermain dengan keren dan liar diwaktu yang bersamaan…
  • Bermain Bass diatas panggung sambil ber “crawling” ria
  • Atraksi spektakuler yang dilakukan Sang Drummer dengan cara memukul semua ornament drum tanpa terlewat satupun…dan itu dilakukan dengan cara megitari atau mengelilingi Drum yang dimainkannya
  • THE TIELMAN BROTHERS identik dengan alur permainan musiknya yang bersifat PROGRESSIVE…orang zaman dulu bilangnya UNTEMPO.
  • Teknik Harmonisasi Gitar yang super keren
  • Teknik Dept Gitar yang super mantabzz
  • Dll
Satu hal yang pasti…semua ciri khas THE TIELMAN BROTHERS dilakukan bukan di tahun 60an, bukan ditahun 70an, atau ditahun 80an…akan tetapi sudah Beliau lakukan di tahun 1945…jauh sebelum JIMI HENDRIX, THE WHO, DREAM THEATER, KORN, SLIPKNOT, MUSE, dll…

Coba bayangkan apa jadinya kalo THE TIELMAN BROTHERS dikasih teknologi musik kayak Zaman sekarang…dan mereka terapkan di tahun 50an…??? THE TIELMAN BROTHERS with METAL DISTORSION…beuh…pasti MANTABZZZZ banget dah tuch…hahaha…

-   THE TIELMAN BROTHERS adalah Band ROCK INDONESIA yang mampu mendobrak Blantika Musik planet Bumi dengan musiknya yang begitu cerdas dan gahar dimasanya….Salut dan Big respect untuk THE TIELMAN BROTHERS.

-        THE BEATLES pun terinspirasi THE TIELMAN BROTHERS


Itulah sekilas Perjalanan bermusik dari THE TIELMAN BROTHERS yang kaya akan PRESTASI bukan SENSASI….dan sukses didunia Musik Internasional
   
Semoga ini bisa jadi inspirasi bagi siapapun terutama bagi Generasi Muda Indonesia  yang mempunyai HATI NURANI serta keinginan kuat untuk memajukan INDONESIA di kancah INTERNASIONAL apapun bidangnya…

Sekecil apapun usaha yang Kita lakukan, bila itu dilakukan dengan tulus dan sepenuh hati dan bersifat POSITIF tentunya akan berdampak dahsyat pula pada INDONESIA…


“ SATU HAL YANG PASTI…INDONESIA ITU KEREN…MAJU TERUS INDONESIA…!!! “

WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.


Sumber Info : dari berbagai Sumber
Sample Photo: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar