Senin, 30 Juni 2014

DARA PUSPITA [BAND GARAGE ROCK WANITA TERTUA DI INDONESIA & TERBESAR / TERBAIK DI DUNIA]


DARA PUSPITA
[Band Garage Rock Wanita Tertua di Indonesia & Terbesar di Dunia]


ASSALAMU’ALAIKUM WR WB…

Salam seni untuk Sobat EGIZENTROOM PRODUCTIONS dimana pun Kalian berada… Bagaimana kabar Kalian saat ini…? Mudah-mudahan selalu dalam keadaan yang baik, sehat, dan bahagia…Amien…Amien Yaa Robbal Al’amien…

Oke…langsung saja, kali ini EGIZENTROOM PRODUCTIONS akan membahas tentang Sebuah GROUP BAND asal INDONESIA yang boleh dibilang LEGENDARIS se-LEGENDARIS THE TIELMANS BROTHERS dan KOES PLUS.

Band ini sangat istimewa…karena prestasinya dalam bermusik tidak hanya di INDONESIA saja…akan tetapi Beliau-beliau yang tergabung didalamnya berhasil menancapkan dan mengibarkan Bendera BANDnya di berbagai daratan yang tersebar di penjuru dunia…

Yeach Man…, Every body around d’world like’Em so much…

Siapakah Beliau-beliau ini…???
  
Ini dia…DARA PUSPITA…!!!***
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

  
* SEJARAH BERDIRI
Nama dari band ini adalah DARA PUSPITA.

Masyarakat Dunia lebih mengenal Beliau dengan sebutan FLOWER GIRLS.

Band yang kesemuanya Wanita ini berasal dari Kota Surabaya, Jawa Timur,  INDONESIA, dan mulai aktif bermusik di tahun 1960an.

Tahun 1964 adalah tahun dimana DARA PUSPITA resmi berdiri dan mengibarkan bendera Musiknya.

ROCK adalah Aliran musik yang Mereka usung…, yeach Man…tepatnya GARAGE ROCK…, sebuah aliran musik yang pada saat itu dianggap urakan dan merusak mental…

Namun Mereka berani menghadapi semua anggapan buruk tersebut dengan menjawabnya melalui KARYA dan PRESTASI yang sanggup MENGGETARKAN DUNIA.

Yeach Man…ini bukanlah sebuah omong kosong…!!!

Karena ini adalah Fakta…!!!
 [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

* PERSONIL DARA PUSPITA
-           FORMASI PADA SAAT DARA PUSPITA TERKENAL SECARA NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL
Berikut adalah Wanita-wanita INDONESIA yang tergabung dalam DARA PUSPITA pada saat Mereka mulai melakukan Tur berskala dunia  :

-          Tante Titiek Adji Rachman / Tiqqie [Kelahiran tahun 1946]
      Posisi Beliau adalah sebagai Lead guitar/ Organ/ Vocal
-          Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman / Lies [Kelahiran tahun 1948]
     Posisi Beliau adalah sebagai rhythm guitar & Vocal
-          Tante Susy Nander / Sioe Tjuan / Susy [Kelahiran tahun 1947] Posisi Beliau adalah sebagai drums & Vocal
-        Tante Titiek Hamzah / Taqqie [Kelahiran 1949] Posisi Beliau adalah sebagai Bassist & Vocal

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

   
-           FORMASI AWAL SAAT DARA PUSPITA BERDIRI DITAHUN 1964
Pada awalnya, personil DARA PUSPITA bukanlah seperti yang tertera diatas…, karena ada Personil yang keluar dan ada pula yang ,masuk menggantikan. Berikut adalah Personil awal DARA PUSPITA :

-          Tante Titiek Adji Rachman (Lead guitar, Organ, Vocal)
-          Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman (Bass & Vocal)
-          Tante Ani Kusuma (Rhythm guitar & Vocal)
-          Tante Susi Nander (Drums & Vocal)

Seiring dengan berjalannya waktu, DARA PUSPITA pun mengalami pergantian personil.  

Dan…Personil yang keluar pada saat itu adalah:
-          Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman
Wanita Pembetot BASS  yang juga merupakan Adik Tante Titiek Adji Rachman sekaligus Anak dari Musisi KERONCONG kenamaan Bpk.Adji Rachman untuk sementara waktu harus keluar dari DARA PUSPITA dikarenakan harus menyelesaikan PENDIDIKANnya[ Ujian Sekolah ] terlebih dahulu…

Selepas Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman, Posisi yang kosong pun harus segera diisi…dan atas dasar kesepakatan bersama…maka Tante Titiek Hamzah pun dinilai cocok untuk masuk menggantikan posisi  Tante Lies sebagai BASSIST.

-          Tante Ani Kusuma
Sebulan kemudian, setelah masa pendidikannya selesai…, Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman pun kembali masuk ke DARA PUSPITA.

Selang beberapa waktu kemudian Tante Ani Kusuma memutuskan untuk mudur dari posisinya sebagai RHYTHM GUITAR.

Atas dasar itu pula akhirnya Tante Lies Soetisnowati Adji Rachman pun menggantikan posisi Tante Ani Kusuma. ***
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


* PERJALANAN MUSIK DARA PUSPITA

Perjalanan Musik Tante cantik yang ada di DARA PUSPITA ini boleh dibilang sangat sangat sangat gemilang.

Mereka berani menggebrak DUNIA MUSIK baik INDONESIA bahkan di DUNIA sekali pun yang pada saat itu  terbungkus oleh Musik-musik bernuansa MELOW
yang bikin otak jadi SLOW
karena terus dicekoki Musik dan lirik yang bikin jadi GALOW
trus jadi MELONGOW
SAKOW mikirin MASA LAMPOW yang KACOW BALOW
sampe-sampe BATOW yang ada didepan mata pun tak TERPANTOW....
dan…akhirnya terdengarlah TERIAKAN PAROW
berbunyi ADAOOOOOOOW!!!...
dari mulut yang terisi penuh dengan BAKPOW
ADAOOOOOOOW…!!! ADAOOOOOOOW…!!!.ADAOOOOOOOW…!!!.
eeehh…tiba-tiba mendekatlah 3 orang yang tampak TERPUKOW
dan memposisikan diri jadi BACKING VOCAL dengan nada suara 1,2,3 berbunyi OOOOOW OOOOOW OOOOOW     
WOWMERDOWSEKALOW….
SPEKTAKULER…SPEKTAKULER…BRAVOW…!!!

EGIZENTROOM PRODUCTIONS: “Hahaha….jadi ngaco dah ah….hadeuh…kachow kachow….!!!”

Lanjut…!!!
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


A. AWAL PERJALANAN KARIER DARA PUSPITA & PERJUMPAAN DENGAN KOES BERSAUDARA
Perjalanan awal dari DARA PUSPITA sebenarnya boleh dibilang sederhana bahkan boleh dibilang beruntung dan tak terduga….

-     AWAL PERJALAN KARIER DARA PUSPITA
Anak-anak DARPUS [ panggilan akrab dari Masyarakat INDONESIA kepada DARA PUSPITA ] sebenarnya adalah sekelompok Gadis yang memiliki kesamaan minat dalam bermusik.

Mereka berkumpul…, membuat sebuah Band…, lalu dilanjutkan dengan latihan…latihan…dan latihan…, kemudian akhir dari hasil latihan NGE-BAND tersebut mereka perlihatkan pada Khalayak banyak dengan cara Manggung diberbagai EVENT yang ada dikota Surabaya…dan berhasil…

Kapanpun dan dimanapun DARA PUSPITA manggung, Mereka selalu mendapatkan sambutan hangat dari Masyarakat.

Mereka selalu menyukai penampilan DARA PUSPITA  ***
       [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

-     PERJUMPAAN DENGAN KOES BERSAUDARA
Perjumpaan dengan KOES BERSAUDARA di HOTEL SIMPANG adalah sebuah MOMEN yang sangat membahagiakan dan bahkan sudah pasti tidak akan bisa dilupakan oleh DARA PUSPITA.

Kenapa demikian…?

Pertama…,
KOES BERSAUDARA adalah BAND yang sangat disukai oleh anak-anak DARA PUSPITA bahkan Masyarakat INDONESIA.

Tentunya hal yang dilakukan pertama kali oleh DARPUS saat bertemu adalah meminta Tanda Tangan Idolanya…

Kedua…,
DARA PUSPITA mendapatkan kesempatan besar untuk manggung bersama KOES BERSAUDARA sebagai Band Pembuka.

Ketiga…,
Pertemuan awal dengan KOES BERSAUDARA ternyata merupakan gerbang awal keberhasilan dari band DARA PUSPITA.

Setelah kegiatan “Tanda Tangan Sana Sini” selesai…, ternyata kegiatan tidaklah berakhir…, dari sana tercipta sebuah kegiatan ngobrol-ngobrol diantara keduanya…

Pertanyaan demi pertanyaan pun terlontar dengan jelas…begitu pula dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut…begitu jelas dan lugas terjawab dengan pas…

Dan hasil dari perbincangan tersebut adalah….

Om Tonny Koeswoyo dari KOES BERSAUDARA pun merekomendasikan DARA PUSPITA untuk pindah ke kota Jakarta agar karier bermusik Mereka bisa jauh lebih maju lagi…dan diharapkan bisa berhasil.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]
  

B. DARA PUSPITA, JAKARTA, KOES BERSAUDARA, & PANGGUNG

-           DARA PUSPITA HIJRAH KE JAKARTA
Atas dasar masukan dari Om Tonny Koeswoyo dan kemudian dilanjutkan dengan proses Rundingan antar sesama anggota, akhirnya didapatlah sebuah kesepakatan bersama.

Kesepakatan bersama tersebut berbunyi “ DARA PUSPITA HARUS KE JAKARTA…!!!

Selang beberapa waktu kemudian….

DARA PUSPITA hijrah ke Jakarta…dan…PETUALANGAN MUSIK pun dimulai…*** 

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

-           DARA PUSPITA & KOES BERSAUDARA
DARA PUSPITA kini sudah ada di Jakarta…Mereka tinggal di rumah kerabat keluarga dari anggota DARA PUSPITA.

Langkah pertama yang harus Mereka lakukan untuk menjejakkan kaki di kota Jakarta tentunya adalah…kembali mengumpulkan materi lagu dan mengemasnya dalam sebuah komposisi lagu yang keren…

Dan…, agar semuanya terwujud dengan baik…DARA PUSPITA pun mendapatkan bimbingan dari KOES BERSAUDARA.

Setelah proses penggodokan dirasa cukup, maka yang harus dilakukan oleh DARA PUSPITA selanjutnya adalah…MENJAJAL PANGGUNG MUSIK .*** 

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

-           PANGGUNG SEBAGAI MEDAN TEMPUR
Yupz benar sekali…, Panggung adalah Medan Tempur yang harus Mereka hadapi sebagai tangga yang wajib dilalui untuk mendapatkan keberhasilan yang dicita-citakan.

Dan…dalam semangat bermusik yang menderu dan menggebu…sedikit demi sedikit perjuangan Musik yang DARA PUSPITA lakukan pun berhasil didapat…

Bandung adalah Kota pertama yang dikunjungi oleh DARA PUSPITA…pada saat itu Mereka tampil bersama Tante Erni Djohan dan Yanti Bersaudara
  
DARA PUSPITA berhasil mencuri perhatian MASYARAKAT pada saat itu dengan AKSI PANGGUNGnya yang LIAR, ATRAKTIF,  KEREN.

Dan yang pasti tidak ada satu pun Wanita baik di INDONESIA bahkan mungkin DUNIA yang berani melakukan apa yang DARA PUSPITA lakukan di PANGGUNG MUSIK.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]



C. DARA PUSPITA MUSISI ROCK KREATIF, MULTI TALENTA, & BERKARAKTER
Selain gaya manggungnya yang keren, Liar, dan Atraktif, DARA PUSPITA pun sangat terkenal dengan konsepnya dalam mengkomposisi lagu yang berani keluar dari jalur yang sudah ada.

Contoh, yang semula bernuansa POP…berani dirubahnya dengan KONSEP GENRE lagu yang dianutnya yaitu GARAGE ROCK khas DARA PUSPITA…and it’s work…

Tapi…tentunya tetap tidak merubah PESAN dari lagu tersebut…bila lagu tersebut “SEDIH”, maka DARA PUSPITA akan mengcover lagu tersebut kedalam GENRE ROCK yang dianutnya…namun tetap dalam bentuk “SEDIH”[ Sedih dari sudut pandang DARA PUSPITA ]…

Yup…benar sekali…DARA PUSPITA tidak asal-asalan dalam mengkomposisi lagu…

Satu hal lagi…

Di tahun 1960-an, tidak ada satu pun Musisi Wanita baik di INDONESIA maupun DUNIA yang punya konsep musik seperti DARA PUSPITA.      

Pada saat itu, bila Sang Pelaku Seni Musik adalah Wanita…, maka sudah bisa dipastikan posisi yang pas untuk mereka adalah…hanya sebagai “VOKALIS” / “BIDUAN atau mungkin sebagai BACKING VOCAL / PENYANYI LATAR.

Dan…

Semua itu tidak berlaku untuk DARA PUSPITA….Mereka berani melabrak semua kondisi Statis yang tercipta pada saat itu.

Yeach…, DARA PUSPITA adalah Sekelompok Gadis berdarah asli INDONESIA yang berani mengukuhkan diri sebagai Pemain Band Wanita beraliran ROCK pertama di INDONESIA bahkan mungkin DUNIA yang menghandle semua kegiatan panggung dari mulai bernyanyi hingga memainkan berbagai macam alat musik seperti Gitar, Bass, Keyboard/ Organ, dan Drum secara sendiri.

Jingkrak sana jingkrak sini…berlari sambil memainkan gitar dan bass dari sudut panggung yang satu ke sudut panggung lainnya…disertai dengan Vokal Tante Taqqie [Titiek Hamzah] yang serak-serak keren…ditambah dengan hentakan irama Drum Tante Susy yang dinamis dan liar semakin membuat  DARA PUSPITA semakin gahar diatas Panggung…Khalayak Pecinta Seni INDONESIA pun sangat suka akan penampilannya.

EGIZENTROOM PRODUCTIONS : “DARA PUSPITA EMANK ROCKS….!!!”     

  [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

D. SUKA DUKA DARA PUSPITA DI INDONESIA SAAT AWAL KARIER

-           SUKA
Perlahan namun pasti DARA PUSPITA semakin kuat menancapkan bendera Musiknya di Negeri kelahiran Mereka…Anak-anak muda di Indonesia sangat suka dengan KARYA dan PENAMPILAN yang disuguhkan oleh Mereka.

DARA PUSPITA adalah Magnet Baru bagi DUNIA PERMUSIKAN di INDONESIA di tahun 1960an.    

DARA PUSPITA sangat senang dengan prestasi yang dicapainya…dan semakin semangat untuk terus berkarya…***
  [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]
-           DUKA
Di tahun 1965 Perjalanan DARA PUSPITA ternyata tidaklah semulus yang dikira….tepat ditengah-tengah kesuksesan, DARA PUSPITA mendapatkan TEGURAN atau PERINGATAN bahkan dikenai WAJIB LAPOR / INTEROGASI selama satu bulan dari Pemerintah INDONESIA [Pemerintah ORDE LAMA] .

Inti dari semua kegiatan tersebut adalah untuk sesegera mungkin menghentikan segala aktivitas bermusik yang dilakukan oleh DARA PUSPITA, karena dianggap dapat merusak Mental anak Bangsa…

Bila Teguran / Peringatan tersebut tidak didengar, maka resiko yang akan dihadapi pun pasti…

Resiko apakah itu…???

P E N J A R A…yahh…PENJARA…!!!

Seperti KOES BERSAUDARA yang juga harus dipenjara karena aktifitas bermusik yang dilakukannya pada saat itu…

Peringatan dari Pemerintah pun telah disampaikan…,

Lalu…bagaimana dengan nasib DARA PUSPITA…???

Untuk menjawab semua itu…, Personil DARPUS pun kembali bersama-sama mencari SOLUSI terbaik….

DARPUS pastinya tidak akan mengambil resiko “itu”…., tapi bagaimanapun juga MUSIK sudah menjadi bagian dari hidup Mereka…dan PRESTASI yang telah didapat pun tidak bisa dibuang begitu saja…

Maka atas dasar itu pula akhirnya DARA PUSPITA tetap memilih untuk bermusik…namun…tidak di INDONESIA…akan tetapi di LUAR NEGERI…***

 [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

    
E.  DARI INDONESIA MENUJU THAILAND
Setelah dibolak-balik…dipikir “baik” maupun “buruknya”…, maka atas dasar kesepakatan bersama…didapatlah…”THAILAND”…

Yup…benar sekali…

THAILAND adalah Negara yang akhirnya dipilih oleh Anak-anak DARA PUSPITA untuk mengembangkan karir bermusiknya…

Dan…

Hijrahlah Mereka dari INDONESIA menuju THAILAND…***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


F. DARA PUSPITA & THAILAND
Singkat cerita…

Rupanya prestasi yang ditorehkan oleh DARA PUSPITA tidak hanya berkilau di INDONESIA saja…

DARA PUSPITA berhasil mengemas Musik Mereka dengan memasukan unsur Musik Khas THAILAND.

Contoh kongkritnya adalah Lagu yang berjudul “PUYAILI”…

PUYAILI” adalah nyanyian rakyat THAILAND yang berhasil dikemas ulang oleh DARA PUSPITA  dalam bentuk ROCK

Demikian pula dengan lagu Mereka sendiri yang berjudul “ PATAYA BEACH [PANTAI PATAYA] ” berhasil mendapatkan sambutan hangat dari Masyarakat Pecinta dan Penikmat Musik di Thailand.

Yeach Man…, Bangkok, Thailand luv’Em too…!!!*** 

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


G. DARA PUSPITA, DICK TAMIMI, & REKAMAN PERTAMA
Tiga bulan sudah…DARA PUSPITA menjalani kehidupan sebagai “ HOUSE BAND ” di sebuah klab bernama “ BANGKOK NIGHT CLUB ”…

Dan sekali lagi…

Kerja keras Mereka membuahkan hasil yang positif…

Pertemuan DARA PUSPITA dengan DICK TAMIMI pada saat Mereka Manggung di BANGKOK NIGHT CLUB ternyata merupakan gerbang keberhasilan selanjutnya yang harus ditempuh.

DICK TAMIMI adalah Orang LABEL REKAMAN [“MESRA RECORDS”] dari INDONESIA yang mengajak DARA PUSPITA untuk membuat Album Musik.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


H. DARA PUSPITA KEMBALI KE INDONESIA
[ INDONESIA tahun 1965… ]

Pergantian Kepemimipinan dari Bapak SOEKARNO [ Pemerintahan ORDE LAMA ] ke Bapak SOEHARTO [ Pemerintahan ORDE BARU ] rupanya membawa perubahan besar terhadap Peta Perpolitikan di INDONESIA pada saat itu…

Begitu pula dengan  kehidupan Sosial Masyarakatnya pun mengalami perubahan…

Di era ini…Seniman MUSIK, FILM, dll…diberikan kebebasan untuk berekspresi dan menuangkan hasil Karyanya ke dalam bentuk apapun…

Maka…

Atas dasar itu pula, akhirnya DARA PUSPITA pun kembali ke INDONESIA.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


I.  DARA PUSPITA, ALBUM, ASIA TENGGARA
Akhirnya…

Pada tahun 1966…dibawah LABEL “MESRA RECORDS”…DARA PUSPITA membuat Album berbentuk piringan hitam Pertamanya yang berjudul “JANG PERTAMA”…dan…sukses…!!!

Demikian pula dengan tahun-tahun berikutnya…
1966 - Dara Puspita aka Edisi 2 aka Special Edition [ Mesra Records LP-6 ]
1967 - Green Green Grass [ Mesra Records LP-13 ]
1967 - A Go Go [ El Sinta A-6708 ]

Selalu membuahkan hasil yang positif…ditambah lagi dengan aksi Panggung Mereka yang Unik, liar, Atraktif, tapi tidak murahan…membuat semakin banyak saja Orang-orang yang mencintai dan menggilai DARA PUSPITA.

Tidak hanya di INDONESIA saja…, bahkan Negara-negara yang berada di seluruh kawasan ASIA TENGGARA pun demikian….

Dimanapun DARA PUSPITA manggung dan menggila…sudah pasti…Penonton pun ikut menggila…hanyut bersama Musik “GARAGE ROCK” yang bergema dan berdentum keras…!!!

EGIZENTROOM PRODUCTIONS : “YEACH MAN…DARA PUSPITA MENGGUNCANG ASIA TENGGARA…INDONESIA MEMANG MANTABZZZZ…HAHAHA….!!!”  

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


J.  DARA PUSPITA TOUR DUNIA
Kemajuan DARA PUSPITA dalam menjalankan kariernya sebagai MUSISI ROCK WANITA PERTAMA DI ASIABAHKAN MUNGKIN DUNIA…sungguh bukanlah isapan jempol belaka…, Semuanya berhasil dilalui dengan penuh kesungguhan….

Dan…sekali lagi…sekali lagi…

Rupanya Dewi Fortuna kembali singgah ditengah perjalanan Musik anak-anak DARPUS

Sebuah tawaran untuk manggung di EROPA datang dari Seorang PROMOTOR MUSIK berkebangsaan JERMAN

Sudah pasti…tawaran tersebut takkan ditolak…

DARA PUSPITA menanggapi Positif  hal tersebut….***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

-           DARI INDONESIA MENUJU EROPA
·       IRAN
Gambaran tentang kesuksesan yang lebih besar sudah pasti terbayang jelas di benak masing-masing Personil DARA PUSPITA…ini adalah sebuah peluang besar yang tidak boleh dilewatkan…

Maka atas dasar itu pula, pada tahun 1968 DARA PUSPITA pun memutuskan untuk TOUR MUSIK ke EROPA

Namun sebelum sampai di EROPA, DARA PUSPITA terlebih dahulu singgah di Negara IRAN.

Dan Pengalaman baru pun segera tersaji saat Mereka bermain musik…

Bila saat manggung di INDONESIADARA PUSPITA selalu dibantu oleh KRU, lain halnya dengan IRAN…, di Negara ini DARA PUSPITA ternyata harus mempersiapkan segala sesuatunya sendiri…dari mulai mengatur letak Peralatan Sound yang berukuran besar, Kabel-kabel penunjang, menyelaraskan harmonisasi suara yang keluar dari sound system agar seimbang hingga akhirnya baru bisa Manggung…yeach…berat memang…tapi itu adalah relita…dan DARA PUSPITA bisa menghadapinya…     

Acara Musik pun dimulai…DARA PUSPITA pun beraksi…dan seketika itu pula suasana panggung dan arena penonton berubah menjadi lebih hidup. Semangat untuk berjingkrak, menari dan tepuk tangan pun keluar dengan sendirinya…seiring dengan irama musik GARAGE ROCK yang menggema dahsyat di tempat itu…

Satu hal yang pasti…pertunjukan DARA PUSPITA sukses besar…Masyarakat IRAN sangat menyukai penampilan Mereka…

Bahkan Seorang Pangeran dari Kerajaan IRAN pun meminta DARA PUSPITA untuk memainkan kembali lagu bejudul BURUNG KAKAK TUA yang tentunya sudah dirubah ke GENRE ROCK khas DARA PUSPITA…***

EGIZENTROOM PRODUCTIONS : “SALUT UNTUK DARA PUSPITA…HIDUP MUSISI INDONESIA…!!!”
 
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


·        PERJALANAN TOUR DUNIA YANG PANJANG
 Tak terasa 3 tahun lebih tlah dijalani, DARA PUSPITA pun sudah lama jauh dari negeri tercinta INDONESIA

TURKI, JERMAN BARAT, HUNGARIA, ENGLAND, PERANCIS, BELGIA, BELANDA, dan SPANYOL pun sudah mereka jalani.

Manis…Pahit getirnya…dalam menjalankan kehidupan bermusik pun sudah pasti merupakan makanan harian DARPUS

Lelah…??? Sudah pasti…, akan tetapi itu semua adalah resiko yang harus dihadapi oleh setiap Manusia yang ada di setiap penjuru dunia…

Yahh benar…, lebih dari ratusan kilometer telah di tempuh…lebih dari ratusan kota besar dan kecil diberbagai Negara pun sudah pasti dijajal…dan yang pasti…setibanya ditempat tujuan DARA PUSPITA harus segera mempersiapkan segala macam peralatan hingga akhirnya menggelar aksi panggung…

Sukses besar…??? sudah pasti….

Namun…, tetap saja…semua itu memerlukan energi yang sangat besar tentunya…***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


·        DARA PUSPITA DALAM MENGHADAPI KERIKIL SAAT BERADA DI EROPA
Segala hal yang berbau negative seperti perselisihan, rasa lelah dan bosan yang mendera sebisa mungkin harus diminimalisir…karena itu adalah hal yang bisa menghambat keberhasilan…

Dan…ternyata…, walaupun sebisa mungkin dihindari, terjadi juga masalah yang tidak diinginkan…

Pada saat DARA PUSPITA menggelar konser musiknya di BELANDA, sebelum akhirnya beberapa bulan kemudian pulang ke INDONESIA

Pada tanggal 11 September 1971 Tante Titik Hamzah membuat pernyataan tertulis berisi pengunduran dirinya pada DARA PUSPITA. Saat itu Tante Taqqie merasa jenuh dengan kondisi DARA PUSPITA yang selalu saja memainkan karya lagu Orang lain…Tante Taqqie ingin agar DARA PUSPITA membuat karya lagu ciptaan sendiri…

Dengan berbagai macam penjelasan…akhirnya Tante Taqqie pun tidak jadi keluar…    

Tante Tiqqie, Tante Lies, Tante Susy, dan Tante Taqqie adalah sosok yang sangat professional…Mereka sanggup untuk bisa menyembunyikan semua permasalahan yang mendera dan tampil sempurna disetiap momen saat berada di atas panggung… 

Yang pasti…DARA PUSPITA berhasil menghadapi itu semua…SALUT UNTUK DARA PUSPITA…!!!***

 [EGIZENTROOM PRODUCTIONS]

·        DARA PUSPITA & 3 SINGLE LAGU YANG DIHASILKAN SAAT BERADA DI INGGRIS [ 1970 ]
Saat melakukan Tour musik di London Inggris…,DARA PUSPITA sempat membuat 3 single lagu.

Semua itu terjadi atas dasar perkenalan antara DARA PUSPITA dan Collin Johnson dari pihak NEM ENTERPRISE yang dijembatani oleh dua Orang Manajer yang menangani Mereka saat Konser disana.

Berikut adalah tiga single yang dihasilkan DARA PUSPITA 
-          WELCOME TO MY HOUSE
-          BA DA DA DUM
-          DRUM STEALER

Namun demikian, ternyata ketiga Single lagu tersebut kurang mendapatkan perhatian dari Khalayak Musik disana…walaupun masuk memang masuk ke ajang Chart Musik unggulan yang ada di Inggris…

But it’s ok…itu semua tidak masalah…karena memang bukan masalah yang besar…DARA PUSPITA tetap mejalankan TOURnya sebagai LADY ROCK STAR dari INDONESIA.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]
·  DARA PUSPITA & 2 SINGLE LAGU YANG DIHASILKAN SAAT BERADA DI BELANDA
Demikian pula pada saat berada di negeri Belanda, DARA PUSPITA pun kembali melakukan proses rekaman…dari kegiatan bermusik ini…didapatlah dua Single yang diantaranya adalah sebagai berikut…
-          SURABAJA
-          CABALEURO

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


K. DARA PUSPITA KEMBALI KE INDONESIA
Setelah 3 tahun lebih menjajal Dunia, tepat pada tanggal 3 Desember 1971 DARA PUSPITA pun kembali ke INDONESIA.

Pastinya….

Kepulangan DARA PUSPITA menjadi momentum istimewa bagi Mereka secara pribadi dan Masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kenapa tidak…

DARA PUSPITA adalah Band ROCK asal INDONESIA yang menyandang gelar sebagai  “ THE WORLD’S GREATEST ALL FEMALE GARAGE ROCK BAND ” dan itu semua diakui oleh DUNIA…kini pulang ke INDONESIA.

Singkat cerita…,

Tak perlu menunggu waktu lama…

15 hari setelah kedatangannya…DARA PUSPITA segera membayar rasa rindu para Pecintanya yang sudah lama tidak bertemu dalam sebuah KONSER MUSIK di ISTORA SENAYAN pada tanggal 18-19 Desember 1971 bersama dengan Band Legendaris lainnya seperti PANBERS dan THE ROLLIES.

Pertunjukan Musik tersebut SUKSES BESAR…dan ditonton lebih dari 23.000 Penonton.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


L. DARA PUSPITA & SEABREK JADWAL KONSER SE-INDONESIA
Segera setelah Konser di ISTORA SENAYAN, DARA PUSPITA telah ditunggu seabrek Jadwal Manggung di seluruh INDONESIA

Kota – kota seperti Pandaan, Malang, Bandung, Denpasar, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Kediri, Tulungagung, Madiun, Jember, Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Tegal, dan Jakarta adalah Kota-kota dipulau Jawa yang sudah ada dijadwal…dan berakhir dengan Sukses besar…

Kota berikutnya adalah Manado, dan Makassar…dan SUKSES…

“DARA PUSPITA…MANTAP BANGAT DAHH…HAHAHA…” ***
  
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


M. DARA PUSPITA BUBAR
Setelah menjalani tour di Manado dan Makassar, rupanya masalah yang sama kembali menyeruak…Tante Titik Hamzah kembali mengundurkan diri dikarenakan alasan yang sama…dan kini sudah final…

Mendengar hal tersebut…anak-anak DARPUS kembali berusaha membujuk Tante Titik Hamzah untuk tetap bergabung…

Dan…yang paling getol membujuk adalah Tante Susy Nander…alasannya karena DARPUS sedang ada dipuncak kesuksesan…jadi sangat disayangkan kalau bubar…

Akan tetapi…keputusan tante Taqqie rupanya sudah bulat…dan teman-teman yang lain pun tidak bisa berbuat banyak.

Soo…

Akhirnya DARA PUSPITA pun dinyatakan bubar di Kota Makassar…***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


N.    DARA PUSPITA MENCOBA BANGKIT
Selepas peristiwa itu, akhirnya Tante Titik Hamzah pun sukses bersolo karir, membuat lagu sendiri, dan mengemasnya dalam sebuah Album.

Lantas bagaimana dengan DARA PUSPITA…???

Setelah Personilnya menyebar…, Tante Titik Hamzah bertemu kembali dengan Tante Susy untuk membentuk kembali DARA PUSPITA dan membuat Album berjudul “TABAH DAN COBALAH”…namun sayang…tak berlanjut.

Akan tetapi…DARA PUSPITA…tidak berhenti…

Tante Titik AR…Sang Pendiri DARA PUSPITA kembali bertemu dengan Tante Susy Nander untuk kembali membentuk Band yang telah membesarkan namanya…namun kini  Bandnya bernama DARA PUSPITA MIN PLUS.    

 Berikut adalah Para Personil dari DARA PUSPITA MIN PLUS :
-          Titik AR LEAD GUITAR & VOCAL
-          Susy NanderDRUM, PERCUSSION, & VOCAL
-          Judith ManopoBASS & VOCAL
-          Dora SahertianPIANO, ORGAN & VOCAL

Namun sayang…,
DARA PUSPITA MIN PLUS pun bernasib sama…Band ini hanya menghasilkan 1 album berbentuk Piringan Hitam berjudul sama yaitu DARA PUSPITA MIN PLUS.

DARA PUSPITA kembali terhenti…

Tante Titik AR kemudian bergabung dengan Band asal AUSTRALIA bernama DAUGHTER OF ZEUS dan keliling dunia.

Tante Susy ikut Suami sambil tetap bermusik.***

[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


O.    PARA PERSONIL DARA PUSPITA SEKARANG
Waktu pun trus berjalan…

Kini…Para Personil sudah tidak muda lagi…
Saat sekarang ini, Tante Titik AR Sang Pendiri DARA PUSITA  dan Tante Lies tidak berada di Indonesia…Karena Beliau menetap di negeri Belanda bersama anak cucu…

Begitu pula dengan Tante Susy Nander.

Namun demikian , walaupun sudah tidak seaktif dulu…masing-masing ketiga personil DARPUS masih suka bermusik di acara-acara tertentu…

Satu-satunya Personil DARPUS yang masih benar-benar aktif di dunia MUSIK dan ENTERTEINMENT adalah Tante Titik Hamzah…

Beliau sampai detik ini masih aktif berkarya…

Melalui tangannya…, banyak sekali Musisi-musisi muda yang berhasil menapakkan jejak karya dan prestasinya di INDONESIA bahkan sampai ke luar INDONESIA.***  

Demikian kilas profil mengenai perjalanan karir bermusik DARA PUSPITA…Band ROCK Wanita pertama di INDONESIA bahkan mungkin dunia…

Berkat Karakter yang khas dalam bermusik…serta prestasi keren yang ditoreh saat Mereka TOUR DUNIAMASYARAKAT DUNIA SENI PUN setuju untuk mengkategorikan DARA PUSPITA sebagai “ THE WORLD’S GREATEST ALL FEMALE GARAGE ROCK BAND ”

  
[EGIZENTROOM PRODUCTIONS]


EGIZENTROOM PRODUCTIONS SAYS :
1. DARA PUSPITA adalah BAND ROCK WANITA TERTUA di INDONESIA…dan bahkan bila dikaitkan dengan DUNIA…ni pendapat pribadi yach…DARA PUSPITA pantas disebut sebagai BAND ROCK WANITA PERTAMA & TERBAIK DI DUNIA…

2. “DIMANAPUN DARA PUSPITA BERMUSIK…BELIAU TIDAK SEGAN-SEGAN DAN MALU UNTUK SELALU MEYEBUT NAMA INDONESIA SEBAGAI NEGARA ASALNYA PADA DUNIA…

3. DARA PUSPITA ADALAH BAND ROCK INDONESIA YANG ALBUMNYA BANYAK DI BURU OLEH PARA KOLEKTOR SENI DARI BERBAGAI NEGARA SAMPAU SAAT INI…yahh benar sekali…Album-album Musik DARA PUSPITA adalah “ALBUM MUSIK WAJIB KOLEKSI”… 

4. Sudah selayaknya DARA PUSPITA, KOES PLUS, BABEH BENYAMIN S atau bahkan SENIMAN Senior legendaris lainnya diberikan tempat yang sangat ISTIMEWA di hati Kita sebagai Generasi Penerus Bangsa…jangan biarkan Beliau-beliau dan karya-karyanya hilang begitu saja…

5. Beliau - beliau semua adalah gerbang pembuka untuk Kita semua yang hidup di Zaman sekarang…Beliau-beliau adalah Permata indah yang mampu membuat INDONESIA BERKILAU, BERKARAKTER & DISEGANI DUNIA DI MASANYA…

6. Sejatinya..Mereka semua adalah PEJUANG SENI…Yahh benar…berjuang untuk selalu mengharumkan dan memberi warna yang indah untuk INDONESIA…dengan cara yang positif…dengan cara yang BERADAB…

7. Tidak hanya SENIMAN MODERN saja…SENIMAN TRADISIONAL PUN demikian…HIDOEP PEJUANG SENI INDONESIA SEJATI…!!!”


“AYO SAUDARA-SAUDARA DARI SABANG SAMPAI MERAUKE…MARI KITA JAGA & PELIHARA

INDONESIA SATU…SATU KESATUAN INDONESIA !!!

INDONESIA ADALAH RUMAH KEREN YANG NYAMAN UNTUK KITA SEMUA…

MAJU TERUS SENI KREATIF INDONESIA…!!!

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB…
  

3 komentar:

  1. Viva Dara Puspita!!!
    The Great Indonesia's Rock 'n, Roll Band ever...

    BalasHapus
  2. Tahun 2017, tahun 2027, 2047 dst...sampai kiamat dunia, karya DARA PUSPITA akan tetap hidup dan enak didengar...

    BalasHapus
  3. Terima kasih artikel ttg Dara Puspita. Group band idola sy. Semasa sy msh kecil.. .Cuma tlg tanya apa benar ibu Susi nander sekarang tinggal di sidoarjo.di puri surya.. Spt yg tertulis di beberapa artikel.. Pingin rasanya bertemu idola sy..

    BalasHapus